Elektronik Digital Dan Energi Terbarukan Bekerja Sama

 

 

 

 

Katalog Elektronik – Seseorang pernah berkata “Dibutuhkan uang untuk menghasilkan uang,” dan itu sebagian besar benar. Hari ini, kita dapat menambahkan, “Dibutuhkan energi untuk menghasilkan uang,” dengan mengacu pada semua elektronik digital menakjubkan yang kita gunakan setiap hari untuk menjalankan bisnis dan menciptakan sesuatu. Masalahnya adalah membutuhkan banyak energi untuk menjalankan semua komputer, periferal, tampilan layar lebar, dan instalasi multimedia di rumah dan kantor kita. Dan masih banyak lagi untuk menjaga agar semua ponsel, kamera digital, sistem GPS, iPod, dan sistem permainan genggam tetap terisi daya dan siap digunakan. Jadi, sementara biaya energi terus meningkat, dan semakin banyak orang yang menyadari bahwa perubahan iklim, polusi, dan berkurangnya cadangan minyak menuntut peralihan menuju sumber energi terbarukan, kita mengonsumsi lebih banyak lagi dengan semua elektronik kesayangan kita.

Apakah itu berarti bahwa kemajuan yang membawa kita pada dunia elektronik digital yang indah juga menggali kita ke dalam lubang ketergantungan energi yang semakin dalam dan biaya moneter dan lingkungan yang semakin membengkak? Tidak harus seperti itu. Bisnis dan lingkungan tidak harus bertentangan. Faktanya, ada gerakan elektronik hijau yang berupaya menjadikan elektronik tercinta kita lebih hemat energi dan lebih ramah lingkungan. Gerakan ini mencakup seluruh spektrum dari konglomerat internasional besar yang berjanji untuk mendaur ulang, menggunakan kembali, dan melestarikan, hingga elektronik menjadi lebih hemat energi dan dapat terurai secara hayati atau lebih mudah didaur ulang, sehingga mengurangi apa yang sekarang disebut “limbah elektronik” dari jutaan ton TPA untuk digunakan kembali dan sumber daya daur ulang.

Menghemat energi dan daur ulang sangat masuk akal, dan tidak mengherankan jika sekarang ada perusahaan yang mengabdikan diri pada elektronik ramah lingkungan dan keberlanjutan energi. Bagaimanapun, itu PR yang baik dan masuk akal secara ekonomi. Tapi itu lebih dari itu. Sekarang bahkan ada perusahaan yang menjual elektronik digital DAN produk energi terbarukan. Sangat mudah untuk melihat bagaimana keyakinan yang kuat pada energi terbarukan, konservasi dan kebijakan energi yang sehat dapat mendorong pemilik bisnis yang sadar lingkungan untuk menjual barang-barang seperti produk energi matahari dan angin serta elektronik digital yang dibuat oleh perusahaan yang telah menyadari bahwa bisnis dan masyarakat saling bergantung. dan dengan demikian merangkul teknologi hijau.

Apa itu “teknologi hijau?” Ini bisa berupa produk yang disertifikasi untuk emisi rendah, produk yang disertifikasi agar lebih hemat energi (seperti janji dan standar Energy Star), atau produk yang menggunakan pengisi daya surya atau teknologi hemat energi lainnya. Ini juga dapat berarti mendukung perusahaan yang secara aktif “bertindak hijau” dengan meningkatkan konten yang dapat didaur ulang, menghilangkan zat berbahaya bagi lingkungan, menggunakan energi terbarukan dalam siklus produksi, dan mendukung tujuan dan proyek pelestarian lingkungan.

Mengapa perusahaan menjadi hijau? Karena ini bukan hanya hal yang benar untuk dilakukan, tetapi juga karena meningkatkan keunggulan kompetitif dipandang sebagai perusahaan ramah lingkungan yang peduli lingkungan. Sama seperti banyak konsumen yang menolak pestisida dan bersikeras pada produk makanan yang ditanam secara organik, semakin banyak konsumen yang bersikeras untuk membeli teknologi ramah lingkungan dan hemat energi dari perusahaan yang peduli. Tenang rasanya mengetahui bahwa megahits seperti iPhone dan konsol game Wii dibuat oleh perusahaan semacam itu.

Apa yang kami lihat di sini benar-benar merupakan tren percepatan yang tak terelakkan menuju konsumsi yang lebih cerdas, lebih hijau, dan lebih efisien serta cermat. Kita semua harus memerangi limbah dan merangkul energi yang bersih, berkelanjutan, dan terbarukan.

Leave a Comment